10 Cara mencegah Virus Corona yang Efektif

10 Cara mencegah Virus Corona yang Efektif

10 Cara mencegah Virus Corona yang Efektif - Virus corona sudah menyerang ribuan orang di berbagai belahan dunia. Parahnya, penyakit mewabah yang satu ini telah menelan ratusan korban jiwa. Banyak orang merasa khawatir, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa. Sebenarnya, virus ini bukannya tidak bisa diatasi. Beberapa cara bisa dilakukan sebagai upaya mencegah virus corona yang efektif. Apa saja itu?

Covid-19 sebutan lain untuk virus berbahaya ini memang belum banyak diketahui penyebab atau asal usulnya. Sejak kemunculannya di Wuhan, China, virus corona terus menyebar ke berbagai negara dengan sangat cepat. Bahkan, di Indonesia sendiri penyakit ini sudah mewabah dan membuat pemerintah kewalahan. Apalagi gejala dan ciri ciri yang ditimbulkannya tidak terlalu nampak atau bahkan masih nampak sehat.

Oleh sebab itu, Sebelum terinfeksi coronavirus masyarakat dihimbau untuk memperlengkapi pengetahuan dan wawasan mereka secara luas terkait pencegahan terbaik untuk virus ini. Virus corona bisa ditangani dengan baik, jika kita secara pribadi juga sadar akan pentingnya kebersihan dan kesehatan. Secara lebih spesifik, tindakan untuk mengatasi virus corona yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Cara mencegah virus corona yang Efektif


1. Menjaga kebersihan tangan setiap waktu

Poin pertama yang kita bahas adalah menjaga kebersihan tangan setiap saat. Bagaimana caranya ? tentunya adalah dengan rajin mencuci tangan. Ini merupakan cara paling sederhana yang mampu secara ampuh menekan penyebaran dan penularan virus corona. Anda bisa mulai mencuci tangan secara teratur guna membasmi kuman. Khususnya setelah Anda beraktivitas seperti sebelum dan sesudah makan, menggunakan toilet, membuang sampah, menyentuh hewan, batuk atau bersih dan lain lain.

Mengapa hal ini penting? Tahukah Anda, sebenarnya coronavirus tidak menulir melalui kulit, tetapi sistem pernapasan kita seperti hidung, mata dan mulut. Dalam hal ini, virus bisa menular ketika tangan Anda menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi lalu berlanjut ketika Anda menyentuh bagian wajah.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh merupakan dasar untuk melawan berbagai serangan penyakit. Termasuk penyakit corona yang mewabah tersebut. Oleh sebab itu, Anda perlu sejak dini meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh supaya tetap prima. Bagaimana caranya menjaga daya tahan tubuh dengan baik? Mulailah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Rutin melakukan olahraga, mengonsumsi makanan yang bergizi dan alami seperti buah dan sayur serta memenuhi kebutuhan tidur yang cukup. Inilah beberapa faktor yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Sehingga Anda tidak akan mudah terjangkit oleh berbagai penyakit berbahaya.

3. Menggunakan masker dengan baik dan benar

Sudahkah Anda menggunakan masker dengan baik dan benar? Beberapa orang menggunakan masker yang tidak sesuai dengan kegunaannya. Masker sendiri memiliki fungsi untuk mencegah masuknya cairan ke dalam mulut atau hidung Anda. Sebelum menggunakannya cobalah cari informasi terlebih dahulu terkait cara pemakaian masker yang dianjurkan.

4. Hindari konsumsi daging belum masak

Mengonsumsi daging atau ikan yang belum masak sebenarnya kurang berdampak baik bagi kesehatan. Jenis makanan mentah seperti ini bisa berbahaya jika Anda tidak mengolahnya dengan baik. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan terlebih dahulu makanan tersebut sudah dicuci dengan bersih kemudian dimasak sampai benar benar matang. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan jenis mentah, harap ditahan dulu ya.

5. Tidak bepergian ke tempat terjangkit

Sekarang sudah banyak negara terjangkit virus corona. Mulai dari Tiongkok kemudian mewabah ke berbagai negara lainnya seperti halnya Korea Selatan, India, Taiwan, Eropa, Amerika Serikat, Hongkong, Jepang dan masih banyak lagi. Indonesia pun sudah termasuk di dalamnya. Supaya tidak tertular penyakit menular ini, Anda dianjurkan untuk tidak bepergian ke tempat atau wilayah terjangkit tersebut.

6. Menjaga jarak sosial

Suatu kondisi dimana Anda berdiri berdesakan atau sama sekali tidak menjaga jarak dengan orang yang sudah positif Covid-19, besar kemungkinannya Anda juga akan tertular. Virus tersebut akan dengan mudahnya menempel dan berpindah ke tubuh Anda. Oleh sebab itu, pengaturan pemerintah untuk menjaga jarak sosial atau Social distancing penting untuk diterapkan. Jarak aman yang dihimbau adalah setidaknya minimal satu meter dari orang lain.

7. Tidak berkumpul di keramaian

Tidak berkumpul di tempat tempat yang ramai masih ada hubungannya dengan poin cara mencegah virus corona sebelumnya. Menjaga jarak sosial berarti juga menghindari keramaian. Anda juga setidaknya jangan dulu bepergian ke tempat umum, dimana virus corona bisa jadi berada disana. Anda juga pastinya tidak tahu apakah diantara orang ramai tersebut yang positif corona. Sebab gejala dan ciri cirinya pun sulit diamati pada tahap awal.

8. Tidak sering menyentuh wajah

Cara sederhana dan praktis lainnya untuk mencegah virus corona adalah jangan terlalu sering menyentuh ajah Anda. Khususnya ketika Anda selesai beraktivitas dan belum mencuci tangan. Jika Anda memiliki kebiasaan ini, cobalah untuk menghentikannya demi mencegah adanya penularan virus corona melalui mulut, hidup dan mata sebagai pintu masuknya virus.

9. Membersihkan permukaan barang yang kerap disentuh

Tahukah Anda? Coronavirus ternyata mampu bertahan dalam permukaan benda selama beberapa jam sampai satu hari. Jadi untuk itu, Anda perlu sesering mungkin membersihkan area permukaan barang yang sering disentuh. Misalnya gagang pintu, telepon genggam, keyboard mouse komputer, meja kerja dan lain sebagainya. Selain dengan air bersih, Anda bisa membersihkannya menggunakan cairan desinfektan. Cairan ini berbeda dengan hand sanitizer, sebab Anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

10. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh kita. Selain mengikuti beberapa poin pencegahan virus corona yang sudah disebutkan diatas, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi, vitamin, serat dan lain lain melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dengan demikian, bukan hanya virus corona yang bisa diatasi melainkan juga berbagai macam penyakit berbahaya yang lainnya.

Uraian diatas adalah langkah langkah praktis untuk mencegah virus corona dengan ampuh. Tidak terlalu sulit untuk diterapkan bukan?Kunci sukses yang utamadari semua tips untuk mencegah virus corona diatas adalah kesehatan yang bagus dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Tidak hanya penyakit corona tetapi mampu melawan serangan virus jahat lainnya.

Virus corona tidak boleh dianggap sepele karena memang sekarang situasinya sangat mengkhawatirkan. Apabila Anda melihat di berita televisi maupun koran, jumlah penderitanya terus mengalami peningkatan. Untuk itu, mari secara pribadi memperhatikan kepentingan diri sendiri dan orang lain untuk mencegah penyakit covid-19. Semoga bermanfaat.
Indonesia
Maret 28, 2020 • 0 komentar
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. FYI Indonesia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.