23 Ciri-ciri Orang Cerdas Yang Gampang Dikenali

23 Ciri-ciri Orang Cerdas Yang Gampang Dikenali

Ciri-ciri Orang Cerdas Yang Gampang Dikenali - Mudah mengenali orang cerdas atau gak dari cara dia bicara. Contohnya, orang cerdas yang aku temuin biasanya bisa menebak apa yang hendak aku omongin, trus pikirannya dia lebih terbuka kalau nanggepin kritik dari orang lain, trus yang paling mencolok bisa nyambungin beragam hal topik yang lagi dibicarain.

Baca Juga : 8 Ciri-ciri Orang yang Berpikiran Sempit dan Cara Menghadapinya

22 Ciri-ciri Orang Cerdas Yang Gampang Dikenali


  1. Hal yang mendasar cara mengetahui orang cerdas adalah mereka terkadang tidak sadar apakah mereka memang cerdas atau tidak. Yang mengetahui bahwa dirinya cerdas bukan dirinya sendiri tapi orang lain yang melihatnya. Lalu apakah saya cerdas, see me and obrservation.
  2. Apakah orang cerdas identik dengan IQ? Mungkin secara numerik bisa benar. Perlu di ingat, Cerdas dengan pintar itu beda. Lah, Bedanya dimana? Pernah lihat temanmu yang kerjanya tidur waktu sekolah tapi dapat nilai A. Sedangkan ada temanmu yang memang nampak rajin belajar dapat nilai A juga. Nah, menurut kalian…cerdas sesugguhnya yang mana? Kalian akan kagum dan merasa aneh lihat yang mana?
  3. Pernah dengar temanmu ngomong tapi kamu merasa ada yang aneh dari jawabannya? Ketika kalian bilang itu aneh, secara tidak sadar kalian sudah berbicara dengan orang cerdas. Perlu di ingat, bukan orgil ya.
  4. Apakah kamu pernah lihat temanmu menangkap pelajaran dengan cepat? Bila ia, belajarlah dengan nya.
  5. Apakah kamu pernah tertawa ketika mendengar celetukan temanmu secara blak-blakan? bila pernah, temanmu adalah orang cerdas dalam memanfaatkan momen.
  6. Apakah anda pelajar mandiri? Coba anda bayangkan bagaimana anda bisa memecahkan sebuah soal tanpa bantuan orang lain? Bila itu mudah bagi anda, selamat anda termasuk jajaran orang cerdas. Dengan belajar mandiri (otodidak), biasanya mereka mampu memahami sebuh pelajaran lebih dalam. Kalau kesehariannya, mereka banyak menyendiri, duduk diperpustakaan, di warnet, berjalan seorang diri (bukan jomblo ya)
  7. Orang yang benar-benar cerdas adalah mereka yang tertutup. Apakah mereka introvert termasuk cerdas? hampir rata-rata introvert termasuk orang cerdas. Apakah ekstrovert banyak orang cerdas? tidak sedikit pula ekstrovert/terbuka adalah orang cerdas.
  8. Lihat dikelas mu? ada yang multitalent? banyak ekskul dia ikuti. Mereka adalah orang cerdas.
  9. Apakah kalian pernah menemui teman yang tidak percaya meskipun kamu sudah menjelaskan dengan benar? Mereka bukan tidak percaya, tapi mereka hanya memantapkannya dengan melihat langsung. Perlu kalian ketahui, mereka mempunyai daya analisa tinggi dan seakan-akan mereka juga mampu menganalisa apakah kamu sedang berbohong atau tidak.
  10. Pernah liat tulisan teman mu seperti terburu-buru? Bukan jelek ya. Biasanya mereka akan menuliskan point-point penting saja. Dan terkadang mereka saja yang paham tulisan tersebut.Bila ia, itu tandanya otak mereka bekerja sangat cepat. Kalian bisa melihat oretan mereka saat berhitung dan membuat rangkuman.
  11. Apakah kalian pernah menemui sebuah kejadian, dimana temanmu mengeluarkan candaan atau humor dengan kata-kata sangat abstrak sampai sampai kamu tidak tahu dimana letak lucunya. Sedangkan mereka tertawa terbahak-bahak.
  12. Bagaimana cara kamu menjelaskan bila dirimu ditanya oleh anak kecil? Apabila kamu membuat anak kecil tidak mengerti itu artinya kamu masih belum tau cara berbaur dengan mereka. Mereka yang cerdas akan menjadi diri/orang seusia si anak tadi. Dengan demikian kalian bisa masuk ke dunia meeeka.
  13. Apakah kalian pernah bertemu atau melihat orang cerdas bertemu dengan orang cerdas? Apa yang bakal mereka ceritakan? Saya pernah menjadi orang ke-3 dalam sebuah kelompok diskusi fisika. Mereka dikenal sangat cerdas dikelas. Dalam diskusi tersebut, mereka membicarakan data-data yang menarik. Ingin membuat sebuah terobosan baru, bagaimana caranya cutting/meringkas algoritma rumus tersebut menjadi sangat sederhana. Dan nyatanya, itu di tolak guru fisika karena keluar dari algoritma yang seharusnya. Mereka hanya tertawa, tapi bukan meremehkan.
  14. Pernah lihat muridmu? atau temanmu dikelas yang tiba-tiba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh gurumu, ketika teman yang lain tidak bisa menjawab. padahal dia dikenal sangat pendiam dan tidak pernah menjawab sekalipun. Mereka ini adalah troubleshooter, biasanya mereka akan menganalisa pertanyaan terlebih dahulu. Disaat teman yang lain masih ada yang bisa menjawab mereka akan diam, tetapi mereka akan hadir sebagai pahlawan ketika teman-temannya sudah tidak bisa menjawab wkwk.
  15. Kalau kalian pernah kerumah orang-orang jenius, kalian akan menemui berapa banyak buku-buku yang mereka koleksi, seakan-akan menjadi wadah perpustakaan dikamarnya. Kadang kita menyangka mereka tidak pernah baca buku. Tapi nyatanya?
  16. Hampir waktu orang-orang cerdas ketika luang digunakan untuk membaca. Apakah rata-rata hobinya begitu, yah mengacu pada point 15. Lalu bagaimana dengan para atlet cerdas? Mereka akan banyak berlatih dan selalu menyusun attack strategy. Salah satu Atlet cerdas dibidang catur adalah carlsen (ia selalu menciptakan startegi dengan peluang/setiap kemungkinan) waktu dia pernah di wawancara.
  17. Pernah lihat temanmu dikelas, saat gurumu menjelaskan temanmu tidur. Tapi ketika disuruh menjelaskan ulang dia sangat lancar. Ini hampir sama dengan kejadian mantan alm presiden gusdur, yang tertidur pada waktu rapat/diskusi.
  18. Coba lihat anak kecil disekitarmu, bagaimana tingkah mereka? Mungkin kalian melihat ada anak yang aktif dan pasif. Kebanyakan orang menyangka bahwa anak aktif adalah anak yang cerdas. Baik, mari kita telusuri. Apakah ada faktor lain? Ada, anak aktif dirangsang oleh faktor eksternal (orang lain). Sedangkan anak pasif dirangsang faktor internal (dirinya sendiri). Kita lihat tingkat kecerdasannya, anak aktif banyak beprestasi dibidang non akedemik sedangkan anak pasif banyak beprestasi di bidang akademik. Tapi bukan mustahil, mereka memperoleh keduanya Atau tidak sama sekali. Ini yang dinamakan cerdas dan pintar. Cerdas adalah bawaan sejak lahir sedangkan pintar adalah pembentukan pola fikir. Anak bisa menjadi pintar tapi tidak untuk cerdas. Cerdas pasti pintar tapi pintar belum tentu cerdas
  19. Mereka yang punya kecerdasan di akademik, rata-rata gak hobi olahraga. Tapi kalo di ajak main musik, bikin puisi, bikin novel mereka gak bakalan nolak.
  20. Kalian hobi melukis/aransemen musik/membuat puisi/membuat novel/bercerita. Bila kalian sadar, itu adalah bentuk kreatifitas. Orang cerdas punya kreatifitas tinggi, punya imajinasi tinggi. Bagaimana mungkin seorang Ilmuwan seperti ibnu sina tidak punya kreatifitas dan imajinasi tinggi. Sederhananya seperti ini, anda tidak mungkin merancang sebuah rumah tanpa kreatifitas dan imajinasi. Maksudnya? Kalau anda tidak berimajinasi terus perubahan apa yang akan kalian bentuk? Apakah meniru karya orang lain termasuk cerdas?
  21. Pernah menemui teman atau orang yang apabila menjelaskan selalu dengan bahasa yang sangat sederhana. Apabila ia mampu menjelaskan sesuatu yang rumit menjadi sangat sederhana dan mudah dipahami oleh mereka yang biasa-biasa saja mereka adalah orang cerdas. Biasanya, mereka bakalan menjelaskan dengan kata ibaratkan, misalnya, contohnya.
  22. sebenarnya, cerdas itu adlaah sebuah bakat alami yang membentuk pola pikir manusia, yang mana belum dan tidak pernha di pikirkan orang lain. bisa bentuk strategi, taktik, visioner, inovasi, pencipta, pencetus. Lihat saja orang disekeliling mu, apakah mereka seperti itu? lihat saja para ilmuwan apakah mereka seperti itu? Salah satunya. Alm Presiden Bj Habibie, apakah beliau seorang visioner?
  23. Semakin berisi semakin menunduk, inilah orang yang benar-benar cerdas. Kebanyakan dari mereka akan selalu merendah, dan parahnya lagi mereka seakan-akan berkata tidak tahu tapi sebenarnya sangat tahu. Ingin terlihat biasa saja.

mungkin itu saja yang saya sampaikan, sebenarnya masih banyak lagi. Dan ini revisi ke-4 Akan saya tambah dilain kesempatan.

semoga artikel 23 Ciri-ciri Orang Cerdas Yang Gampang Dikenali ini bermanfaat dan jangan lupa share
April 30, 2020 • 0 komentar
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. FYI Indonesia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.