6 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat Saat sedang Bekerja dan Belajar

6 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat Saat sedang Bekerja dan Belajar

fyi.my.id - Menghilangkan Ngantuk Berat Saat sedang Bekerja dan Belajar - Apakah kamu akhir-akhir ini sering mengantuk? Penyebab ngantuk belum tentu karena tidur yang kurang, meskipun penyebab tersering adalah gangguan pada tidur/pola tidur yang kurang tepat, kali ini admin FYI indonesia akan membagikan beberapa tips agar tidak mengantuk saat sedang bekerja atau belajar.

Biasanya rasa ngantuk akan menjadi-jadi ketika kamu melakukan rutinitas setiap hari, misalnya ketika bekerja, belajar, dan bahkan berkendara.

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat sedang Bekerja dan Belajar

Rasa ngantuk dapat muncul secara tiba-tiba tanpa ada gejala yang pasti. Apabila ngantuk dibiarkan begitu saja, akan berpotensi membuat aktivitas bekerja menjadi kacau dan kurang maksimal. Nah untuk mengurangi rasa ngantuk berlebihan, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut.

1. Sarapan pagi

Sarapan mungkin dianggap sepele, sehingga banyak yang mengabaikannya, baik itu dengan alasan diet, sibuk, ataupun lainnya. Pada dasarnya tubuh memerlukan energi, jika tak terpenuhi maka tubuh tidak akan bisa melakukan metabolisme secara optimal. Disinilah yang memicu munculnya rasa ngantuk.

Oleh sebab itu, mulai sekarang luangkanlah waktu untuk sarapan pagi. Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung banyak energi, seperti susu, roti, telur, daging, dan sebagainya. Jangan lupa masukan pula buah dan sayur ke meja makan kamu, agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar.

2. Berolahraga

Saya punya trik jitu mengatasi rasa ngantuk saat bekerja. Yup, dengan olahraga. Usahakan kamu melakukan olahraga ringan pada pagi hari. Terserah mau melakukan olahraga jenis apa. Kalau saya lebih suka jogging dan bersepeda keliling kompleks selama 30 menit.

Menurut beberapa penelitian, olahraga di pagi hari sangat penting untuk melancarkan sirkulasi darah, melatih jantung, dan tentunya menjadi sistem imun tubuh. Dijamin kamu tidak akan merasa ngantuk lagi setelah jogging di pagi hari.

3. Lakukan relaksasi/yoga

Setelah melakukan jogging atau olahraga, jangan lupa lakukan rileksasi sebentar, misalnya seperti yoga. Latihan ini bisa membantu melancarkan suplai oksigen ke bagian otak.

Dengan demikian, aktivitas bekerja kita tidak akan terganggu dengan rasa ngantuk. Bahkan beberapa penelitian membuktikan, yoga pada pagi hari membantu mengatasi stres berlebih.

4. Perbanyak minum air putih

Idealnya kita disarankan untuk mengonsumsi air putih minimal 2 liter atau sekitar 8 gelas sehari. Selain dapat melancarkan metabolisme, air putih juga bisa meningkatkan fokus atau konsentrasi kita ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Biasanya yang jarang mengonsumsi air putih akan merasa eneg apabila harus meminumnya di pagi hari. Untuk menyiasati perasaan tersebut, kamu bisa membagi konsumsi air putih menjadi beberapa sesi. Misalnya pagi hari 1 gelas, siang 3 gelas, sore 2 gelas, dan malam sebelum tidur 2 gelas.

5. Wudhu dan lakukan sholat dhuha

Bagi kamu umat beragama Islam, kamu bisa menghilangkan ngantuk dengan berwudhu. Air wudhu akan membantu menyegarkan mata kita, sehingga membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk bekerja.

Rasa ngantuk sangat sering menyerang pada pukul 08.00-11.00. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan wudhu dan sholat dhuha untuk kamu yang beragam Islam. Gerakan sholat juga terbukti ampuh melancarkan oksigen menuju ke otak.

6. Hindari makan menjelang tidur

Kebiasaan makan sebelum tidur biasanya banyak dilakukan oleh mereka yang ingin menambah berat badan. Hal ini memang terbukti efektif, tapi biasanya kualitas tidur malam akan terganggu.

Kenapa demikian? karena pada dasarnya tubuh akan bekerja ekstra untuk mengolah makanan yang masuk dan mengubahnya menjadi energi. Kondisi ini menyebabkan otak tidak bisa rileks, sehingga ketika pagi harinya pun kamu masih ngantuk.

Penyebab seseorang sering mengantuk antara lain:

  • Gangguan pada tidur seperti sleep apnea, dimana kamu tertidur namun kualitas tidur kamu jelek sehingga tidak merasa bugar ketika bangun pada keesokan harinya dan diikuti dengan munculnya perasaan mengantuk. Kamu bisa memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami kondisi semacam ini.
  • Terkena penyakit diabetes. Salah satu gejala diabetes adalah sering mengantuk. Hal ini disebabkan karena tingginya tingkat gula darah dalam tubuh.
  • Anemia (kekurangan darah). Penyakit ini menyebabkan jumlah HB  dalam tubuh rendah, sehingga menyebabkan pasokan oksigen ke otak berkurang, mudah lelah, dan mengantuk. Baca selengkapnya makanan penambah darah (Hb) secara alami.
  • Stres dan depresi. Kondisi tertekan juga bisa membuat kualitas tidur seseorang menjadi terganggu. Akibatnya, keesokan harinya ia masih merasa mengantuk dan malas melakukan aktivitas.
  • Pengaruh obat-obatan tertentu. Misalnya obat sakit kepala, obat flu dan batuk, ataupun obat-obatan lainnya yang sebenarnya memicu tubuh untuk beristirahat.
itulah 6 Cara Menghilangkan Ngantuk Berat Saat sedang Bekerja dan Belajar, semoga bermanfaat dan jangan lupa share a
Indonesia
April 27, 2020 • 1 komentar
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. FYI Indonesia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.