6 Tips Membuat Suara Lebih Merdu.

6 Tips Membuat Suara Lebih Merdu.

6 Tips Membuat Suara Lebih Merdu. - Suara merduu adalah idaman semua orang, pasalnya dengan suara merdu kalian bisa menjadi penyayi dengan mudah, disini saya akan memberikan beberapa beberapa tips membuat suara merdu. Sebelumnya kita harus setuju dulu suara merdu itu seperti apa. Yang pasti banyak banget mitos ditopik suara merdu ini. Saya pernah mendengar mitos bahwa jika kita ingin suara kita merdu dan lantang, kita harus berteriak-teriak didalam air sampai tenggorokan kita berdarah. Itu jelas salah banget, berteriak adalah salah satu hal paling buruk yang bisa kita lakukan terhadap suara kita. Mitos berikutnya adalah nelen biji nangka. Sumpah gak ngerti juga itu maksudnya apa.

Ok cukup dengan mitos tentang suara merdu, sekarang kita masuk gimana cara agar kita nyanyi nya enak didenger dan suara kita merdu. Caranya adalah sebagai berikut.

Cara Membuat Suara Kita Lebih Merdu


1. Suara kita harus sehat.

Jadi, disini maksudnya adalah kalau kita suaranya lagi sesak tentu kita tidak bisa mengeluarkan suara yang merdu. Nah, jadi kita harus menjaga kesehatan suara kita dengan cara tidak berteriak-teriak gak jelas, supaya suara tetap sehat.

2. Tidak maksa. 

Maksa disini itu misalnya kayak gini, kita maksa nyanyi dengan nada yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Atau maksa pake power yang kita buat-buat. Pokok nya semua yang memaksa itu tidak enak untuk didengar. Di musik itu ada yang namanya akustik empaty, artinya kita berempati dengan bunyi. Jadi kalau bunyi itu terdengar gak lazim atau maksa, kita gak nyaman dengernya.

3. Enjoy saat nyanyi.

Kalau kita enjoy saat bernyanyi, maka enjoy itu akan menular ke semua orang (ke yang denger). Kalo kita nyanyi kayak disetrap atau kaku, akan gak enak didenger.

4. Manajemen nafas.

Ini berhubungan dengan pernapasan. Disini kita harus pandai-pandai mengatur nafas kita. Kalau kita denger orang nyanyi dan nafasnya pendek atau keliatan tersengal, itu akan membuat kita gak nyaman, jadi gak merdu juga suaranya. Dan tips nya adalah kita harus tahu kapan menggal kalimat dan ngambil nafas. Juga suara merdu itu tentu adalah suara yang terampil. Jadi viks nya bagus, dan saat melakukan manuver-manuver tinggi rendahnya juga pas. Jadi kita harus meningkatkan keterampilan suara kita, dan melatih keterampilan. Bagaimana cara melatih keterampilan suara? Salah satunya adalah tentu dengan menyanyi setiap hari, dan dengan latihan vokal.

5. Pengucapan. 

Pengucapan atau artikulasi yang jelas juga akan memengaruhi kemerduan suara kita. Kita akan terdengar merdu cukup dengan artikulasi yang jelas saja. Saat kita bicara, kalau bicara nya jelas, pasti kita bisa denger setiap kata-katanya tenru dengernya juga enak. Saat nyanyi juga seperti itu. Tapi memang kadang-kadang artikulasi yang uni yang jadi ciri khas setiap penyanyi, dan itu beda lagi.

6. Rekam, evaluasi.

Tips terakhir yang harus kamu lakukan untuk mendaparkan suara merdu, yaitu kita harus evaluasi diri kita saat kita bernyanyi. Nah masalahnya kita gak bisa mengevaluasi diri kita kalau sedang bernyanyi, karna kita kan otaknya lagi fokus untuk bernyanyi. Jadu gimana caranya? Kita rekam. Entah itu video atau audio. Setelah kita nyanyi lalu kita rekam, kita dengerin lagi. Mana yang menurut kita ada yang enak, kita keep dan kembangin. Tapi kalau ada yang kurang enak, nah kita perbaiki. Kan kalau penari latihan didepan cermin, nah kalau penyanyi juga harus bisa memonitor apa yang dinyanyiin. Salah satu caranya dengan merekam suara kita. Kan gampang ya sekarang, gak harus ke studio rekaman. Cukup pake handphone udah cukup. Rekaman yang bagus tentunya bikin kita berlatih terus jadinya.

Nah temen-temen, itulah beberapa tips untuk suara merdu. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian ya.
Indonesia
April 21, 2020 • 3 komentar
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. FYI Indonesia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
  1. Aduh tolong suaraku mirip mbek

    BalasHapus
  2. Min, beberapa hari lalu pernah bikin artikel tentang TOG (Tower of god), ane req dong. Nama nama 13 senjata bulan milik putri jahad

    BalasHapus