Kenapa Gula Rasanya Manis dan Garam Asin?

Kenapa Gula Rasanya Manis dan Garam Asin?

Mengapa Gula Manis dan Garam asin? mari kita cari tahu mengapa mereka berdua berasa?. sebelum itu mari kita ketahui zat apa yang terkandung dalam gula dan garam:

Pengertian Gula
Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditas perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosa padat. Gula digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis dan keadaan makanan atau minuman. Gula sederhana, seperti glukosa (yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau hidrolisis asam), menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel.

Pengertian Garam
Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam.

Ada banyak macam-macam garam. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidroksida ketika dilarutkan dalam air maka dinamakan garam basa. Garam yang terhidrolisa dan membentuk ion hidronium di air disebut sebagai garam asam. Garam netral adalah garam yang bukan garam asam maupun garam basa. Larutan Zwitterion mempunyai sebuah anionik dan kationik di tengah di molekul yang sama, tetapi tidak disebut sebagai garam. Contohnya adalah asam amino, metabolit, peptida, dan protein.

Larutan garam dalam air (Misalnya natrium klorida dalam air) merupakan larutan elektrolit, yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Cairan dalam tubuh makhluk hidup mengandung larutan garam, misalnya sitoplasma dan darah. Tapi, karena cairan dalam benda ini juga mengandung banyak ion-ion lainnya, maka tidak akan membentuk garam setelah airnya diuapkan.

Nah sudah taukan zat yang terkandung dalam gula dan garam?.

Kenapa Gula Rasanya Manis dan Garam Asin?


Mengapa gula rasanya manis ?

Karena gula terkandung senyawa glukosa yg membuat adanya rasa manis pada glukosa, bahkan bukan hanya gula yang mengandung rasa manis, makanan lain dngan rasa manis pun mengandung glukosa

Mengapa garam rasanya asin ? 

Karena garam berasal dari air laut yang telah diuapkan airnya sehingga mengkristal. Air laut sendiri sudah asin karena banyaknya kandungan mineral dalam laut.

Itulah artikel tentang 'Kenapa Gula Rasanya Manis dan Garam Asin?' semoga bermanfaat dan jangan lupa share
Indonesia
April 26, 2020 • 1 komentar
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. FYI Indonesia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.