Teori Multiverse Dan Kebenaran Tentang Teori Ini

Teori Multiverse Dan Kebenaran Tentang Teori Ini

fyi.my.id - TEORI MULTIVERSE Menyebutkan Bahwa Alam semesta seperti yang kita tahu berasal dari sebuah ledakan besar yang kita sebut big bang. Selama hampir satu abad kosmolog telah mempelajari akibat dari ledakan ini: bagaimana alam semesta diperluas dan didinginkan, dan bagaimana galaksi secara bertahap ditarik bersama oleh gravitasi. Sifat Ledakan itu sendiri telah datang ke dalam fokus relatif baru. Ini adalah subyek dari teori inflasi, yang dikembangkan pada awal tahun 1980 oleh Alan Guth, Andrei Linde dan yang lainnya, dan telah menyebabkan pandangan global baru yang radikal dari alam semesta.

Apa Itu Teori MULTIVERSE ?

Menurut teori ini, jagat raya (universe) yang kita tempati mungkin hanyalah satu dari sekian banyak jagat raya (universes) berjumlah tak hingga yang membentuk sebuah “jagat raya majemuk” yang jauh lebih besar lagi yang dinamakan “multiverse” (=kumpulan dari banyak “universe”, multi=banyak/majemuk, uni=satu/tunggal). Dalam pandangan kalangan materialis, sangatlah biasa jika ada satu atau beberapa dari jagat raya berjumlah banyak tersebut yang cocok bagi kehidupan.
multiverse itu bisa berarti:

1. alam semesta jauh diluar "alam semesta" yang terlihat oleh kita.

sejauh-jauhnya kita melihat hanyalah sebatas jauhnya teleskop luar angkasa hubble melihat. di luar sana siapa tau ada alam semesta lain yang mungkin sama dengan alam semesta kita.

2. alam multidimensi.

alam semesta kita adalah alam tiga dimennsi. artinya diperlukan tiga titik untuk menentukan posisi kita secara tepat. bisa jadi alam tiga dimensi ini adalah bagian dari alam empat dimensi. kita tidak pernah bisa mengamati dimensi keempat itu karna ukurannya jauh lebih besar dari dimensi kita.

3. alam parallel.

seperti pada percobaan kucing scrodinger. kucing dianggap tidak hidup dan mati secara bersamaan tapi alamnya bercabang menjadi dua yaitu alam yang berisi kucing hidup dan alam yang berisi kucing mati.

4. alam yang punya hukum alam yang beda dengan kita.

kita punya hukum alam sendiri seperti gravitasi yang selalu tarik menarik. dan elektromagnet yang mempunyai muatan. bisa jadi entah dimana ada alam yang punya hukum alam yang sangat berbeda dengan hukum alam punya kita. misalkan graviasi yang bisa tarik menarik dan tolak menolak. atau elektromagnet yang punya lebih dari dua jenia muatan.

Teori Yang Mendukung Adanya MULTIVERSE ?
Multiverse adalah hasil interprestasi dari berbagai teori 'aneh' di dunia fisika.

Ada 3 teori baru yang menopang kemungkinan adanya universe lain..

(1) Big Bang theory (Chaotic Inflation)

Big bang hanya menceritakan bahwa semesta terjadi krn sebuah ledakan besar. Tapi teori ini tdk bercerita ttg apa yg meledak, apa yg ada sebelum terjadi ledakan, kenapa meledak? dst..
Andrei Linde membuat satu teori yg dikenal sbg chaotic inflation. Dalam teori ini, semesta kita hanyalah bagian dari suatu ruang yg lebih luas. Dalam ruang ini terjadi banyak big bang akibat dari aktivitas energi berlebih (klo tdk salah ingat). Tidak semua ahli fisika setuju dg teori ini.

(2) Dark energy theory

Pengertian ttg dark energy silakan cari di thread lain, wikipedia, atau web lain. Yg jelas, hal yg menghubungkan teory dark energy dg multiverse adl besarannya. Besaran dark energy yg ada di semesta kita sangat tepat untuk memberi kesempatan partikel2 hasil ledakan big bang utk berkumpul dan membentuk galaksi2 dan planet2 dan kemudian memungkinkan adanya kehidupan.
Pertanyaannya, kenapa dark energy di semesta ini bisa memiliki besaran itu? Pertanyaan ini dijawab dengan 'possibilities'. Jika kita membayangkan dalam ruang di luar semesta kita terjadi banyak big bang, maka ada banyak kemungkinan besaran dark energy utk tiap semesta yg terbentuk. Hanya saja, di semesta kita kebetulan besarannya 'pas'.

(3) String theory

Teori ini berhubungan dg sesuatu yg membentuk quark (bagian terkecil yg diketahui dari suatu partikel). Sesuatu ini berupa gelang yg bergetar ke segala arah, tidak hanya dalam arah 3 dimensi, tetapi 6 atau lebih dimensi. Kemungkinan dari jumlah dimensi yg mungkin ada sebanyak 10 pangkat 200 (atau berapa, lupa jg emoticon-Big Grin)..
Nah, beberapa fisikawan menyatakan, jumlah kemungkinan itu bisa saja terjadi di setiap universe yg ada dalam multiverse.

Itulah teori2 fisika yg menopang keberadaan multiverse. Semuanya masih dalam tahap hipotesa murni. Atau, seorang sinis akan bilang: jalan buntu - krn multiverse adl cara plg mudah utk menjawab: apa yg ada di semesta sebelum terjadi big bang? kenapa besaran dark energy di semesta kita sebesar itu? dan kenapa ada banyak kemungkinan utk jumlah dimensi arah strain bergetar? (blm lagi pertanyaan dlm quantum mechanic)

Selain itu, saya krg suka dg pendapat adanya 'the other me' dalam universe lain. Penjelasan logis bagi 'the other me' adl, manusia, seperti benda apapun di dunia ini, tersusun atas partikel. Dan jumlah partikel di dunia ini terbatas. Sehingga, dalam universe lain yg jumlahnya tak terbatas, ada kemungkinan (spt permutasi dlm matematika) terulangnya kombinasi partikel yg sama persis dg 'aku' di salah satu dunia yg lain dan terbentuklah the other me.

Pendapatku, kalaupun ada perulangan kombinasi.. tidak ada alasan perulangan itu terjadi di saat yg sama dg 'aku' yg ada di dunia ini hidup. Selain itu, jika terbentuknya manusia adl krn perkimpoian dua individu manusia, maka diperlukan dua individu yg identik dg orang tua ku utk melahirkan "the other me" di luar sana. Artinya, tidak hanya 'aku' saja yg akan terulang di dunia lain itu, tetapi juga pertemuan 'the other' orang tuaku. Dan juga pertemuan kedua pasang 'the other' kakek-nenekku, dst. Dan jika tiap2 orang di dunia ini memiliki the other them di dunia lain, bayangkan rentetan peristiwa yg harus terjadi untuk membuat itu jadi mungkin.

Kesimpulan Dari Teori "MULTIVERSE"

Multiverse yg didasari oleh 'percabangan' kejadian adalah konsep yg sama sekali berbeda. Salah satu teori yg memunculkan konsep percabangan adl mekanika kuantum. Teori mekanika kuantum mengundang banyak tentangan, termasuk dari Einstein. Tentangan ini didefinisikan dalam bentuk berbagai macam paradoks termasuk Schrodinger Cat. Akhirnya, teori multiverse pun kembali jadi jawaban mudah (atau jalan buntu) untuk menjelaskan jalan keluar bagi paradoks2 yg ada: bahwa setiap kali terjadi 2 atau lebih kemungkinan dlm peristiwa yg melibatkan mekanika kuantum, maka setiap kemungkinan akan terjadi - di dunia yg terpisah. terdapat sejumlah pengakuan dalam tulisan Prof. Davies bahwa teori multiverse hanyalah reka-reka saja. Menurut Prof. Davies, teori multiverse telah dirumuskan “dengan cara berimajinasi.” Terlebih lagi, berkenaan dengan teori ini ia mengatakan bahwa “tingkat kebenarannya mencapai suatu batas (untuk dapat diterima)” dan teori ini “semakin lama semakin wajib diterima atas dasar keyakinan.”

Singkatnya, ketertarikan Prof. Davies dan semua kalangan materialis lainnya terhadap teori multiverse lebih disebabkan kecenderungan pribadi daripada keberadaan bukti ilmiahnya. Titik awal yang memunculkan kecenderungan pribadi ini adalah keengganannya untuk menerima bahwa jagat raya adalah karya Pencipta. Paul Davies menyatakan fakta ini dalam tulisannya. Ia mengatakan bahwa penjelasan apa pun yang didasarkan pada perkataan “Tuhan menjadikannya demikian” tidaklah “memuaskan” bagi seorang ilmuwan.
Indonesia
Juli 12, 2020 • 0 komentar
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. FYI Indonesia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.