author
Ryosuke
Mengapa Integrasi Nasional Sangat Diperlukan Dalam Membentuk Integrasi Nasional

Mengapa Integrasi Nasional Sangat Diperlukan Dalam Membentuk Integrasi Nasional

Negara Indonesia adalah negara yang kaya baik dilihat secara sumber daya alam ataupun keberagaman yang ada di dalamnya. Namun, kedua hal ini membuat Indonesia mudah mendapatkan ancaman di berbagai bidang. Namun, kita harus dapat menangkal ancaman- ancaman tersebut.

Berikut ini ialah merupakan penjelasan mengenai ancaman dibidang politik, ekonomi, ideologi, seni budaya, pertahanan, dan keamanan :
  1. Ancaman Integrasi Nasional dalam bidang ideologi, ialah merupakan ancaman yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan pemikiran masyarakat suatu negara sehingga akan mengancam terhadap dasar falsafah Negara yaitu Pancasila.
  2. Ancaman Integrasi Nasional dalam bidang politik, ialah merupakan setiap usaha dan kegiatan baik dalam maupun luar negeri yang dimana dikategorikan sebagai hal yang membahayakan dan memecah belah persatuan dengan mengatas namakan politik.
  3. Ancaman Integrasi Nasional dalam bidang ekonomi, ialah merupakan salah satu penentu posisi tawar setiap negara dalam pergaulan internasional, ancaman integrasi nasional dalam bidang ekonomi dibagi menjadi dua, ancaman internal dan eksternal.
  4. Ancaman Integrasi Nasional dalam bidang sosial, ialah merupakan ancaman yang berasal dari masyarakat dimana pengertian masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup yang dimana sebagian besar berinteraksi antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.
  5. Ancaman Integrasi Nasional dalam bidang budaya, ialah merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
  6. Ancaman Integrasi Nasional dalam bidang Pertahanan dan Keamanan Negara, ialah merupakan segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah sebuah negara dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Cara mengatasi ancaman dibidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, keamanan

Bidang Ideologi

Menumbuhkan rasa nasionalisme pada generasi muda
Generasi pemuda adalah generasi penerus bangsa. Rasa nasionalisme yang ada dalam diri pemuda harus dapat ditumbuhkan dengan pelajaran PPKN (Pendidikan Kewarganegaraan).
  • Menerapkan sila-sila pancasila dalam segala aktivitas berbangsa dan bernegara.
Pancasila adalah ideologi negara kristalisasi budaya bangsa yang dimana sudah diambil dari kepribadian masyarakat di suatu negara. Kita harus dapat menerapkan sila-sila Pancasila.
  • Ikut serta membela dan menjaga keutuhan bangsa dan negara.
Cara yang dimaksud dapat dilakukan dengan rukun terhadap sesama. Dengan rukun terhadap sesama maka lambat laut, persatuan akan terbangun.

Bidang Ekonomi :

  • Memudahkan permodalan untuk pengusaha pemula atau UMKM.
Dengan mempermudah permodalan untuk pengusaha pemula atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) maka akan membuka kesempatan para pengusaha untuk dapat lebih mengembangkan usahanya dengan mudah dan bisa saja membuka lapangan kerja bagi yang lainnya.
  • Melakukan pembngunan infrastruktur dalam negeri.
Dengan melakukan pembangunan infrastruktur, maka proses penyebaran (distribusi) barang. Jika proses distribusi lancar, maka perekonomian akan cepat tumbuh.
  • Pemerataan harga barang.
Dengan memeratakan harga barang, maka tidak akan terjadi kesenjangan harga antara di perkotaan dan di daerah terpencil. Hal ini juga diawali dengan dibenahinya infrastruktur.
  • Tidak terlalu bergantung pada import produk dari luar negeri.
Terlalu bergantung pada produk luar negeri membuat produsen dalam negeri mengalami kalah saing produk yang dimana akan mematikan produsen dalam negeri itu sendiri.
  • Memperketat UU mengenai Korupsi
Korupsi seperti musuh ekonomi di setiap negara, karena pelaku korupsi ini malah kebanyakan dari kaum yang berperan dalam masyarakat. Jika banyak terjadi korupsi, maka perekonomian akan runtuh.

Sosial Budaya :

  • Meningkatkan kesadaran akan pentingnya bertoleransi.
Dengan meningkatkan kesadaran bertoleransi dapat membuat rakyat akan semakin baik dalam berhubungan sosial antara satu dengan yang lain.
  • Melestarikan budaya yang dimiliki setiap daerah.
Kita harus dapat melestarikan budaya yang daerah kita miliki terlebih dahulu.

Politik :

  • Menjalin hubungan kerjasama dengan negara lain, dengan sehat dan bersih
Hubungan kerjasama dengan negara lain juga perlu dilakukan dengan baik, karena kita bisa melengkapi satu sama lain dengan negara yang diajak bekerjasama tersebut.
  • Menggunakan kekuasaan/jabatan sesuai dengan tugasnya
Kekuasaan yang telah diamanatkan oleh rakyat kepada pemimpin harus dikerjakan dengan baik dan bersih tanpa adanya praktik KKN.
  • Lebih mengutamakan kepentingan masyarakat
Demokrasi di Indonesia adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat yang berarti apapun yang dilakukan pimpinan harus mengutamakan rakyat itu sendiri.

Pertahanan dan Keamanan:

Membangun hubungan baik dengan negara lain & kerjasama bidang pertahanan
Dengan membangun hubungan baik dengan negara lain, khususnya di bidang pertahanan. Maka dapat saling tukar teknologi pertahanan antarnegara.
  • Penguatan TNI dan polri sebagai kekuatan utama
TNI dan Polri adalah kekuatan utama negara Indonesia dalam sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta sehingga patut dikuatkan. Selain itu TNI dan Polri harus dapat bersinergi dengan rakyat agar dapat semakin memperkuat pertahanan dan keamanan.

Detil jawaban
Kelas:  11
Mapel:  PPKn
Bab:  Bab 7 - Menatap Tantangan Integrasi Nasional
Kode: 11.9.7
Mei 17, 2020 • 0 komentar
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. FYI Indonesia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.