Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki Berkeringat

Biasanya, tangan mulai berkeringat ketika Anda cemas atau sedang tertekan akan sesuatu. Namun ternyata, pada sebagian kasus tangan berkeringat tak hanya disebabkan oleh cemas saja. Tangan bisa tiba-tiba berkeringat mesti Anda sedang bersantai. Apalagi kalau sedang main Game di Handphone  pasti handphone/gadget akan sering ghost touch. Jika Anda alami hal ini, mungkin Anda alami hiperhidrosis. Bila Anda tidak nyaman dengan kondisi ini, ada beberapa cara alami dan mudah untuk mengatasi telapak tangan yang berkeringat.

Penyebab telapak tangan dan kaki berkeringat


Berkeringat merupakan mekanisme normal tubuh untuk mendinginkan diri. Namun, jika keringat keluar secara berlebihan meski tidak melakukan aktivitas fisik berat, masalah ini disebut dengan hiperhidrosis. Hiperhidrosis terjadi ketika kelenjar keringat mendapat pesan dari sistem saraf untuk memproduksi keringat secara berlebih.

Salah satu jenis hiperhidrosis yang paling banyak terjadi adalah hiperhidrosis palmoplantar, di mana tangan dan kaki berkeringat secara berlebihan. Kondisi ini juga dapat memengaruhi area tubuh lain, seperti ketiak, selangkangan, dan lainnya. Hiperhidrosis bisa muncul sejak lahir atau berkembang seiring waktu, tapi sebagian besar kasus ini terjadi pada masa remaja.

Penyebab tangan dan kaki berkeringat yang tidak diketahui secara pasti disebut dengan hiperhidrosis primer. Sementara, jika masalah ini didasari dengan oleh kondisi kesehatan lain, seperti obesitas, asam urat, menopause, diabetes melitus, hipertiroidisme, atau penggunaan obat-obatan tertentu, disebut dengan hiperhidrosis sekunder.

Tangan dan kaki yang berkeringat dapat mengganggu aktivitas normal. Anda mungkin merasa malu untuk bersalaman atau karena kaki menjadi bau. Masalah ini berpotensi menurunkan rasa percaya diri Anda, bahkan bisa memicu timbulnya masalah psikologis lain. Lantas, bagaimana mengatasinya?

Cara mengatasi telapak tangan dan kaki berkeringat


Keringat berlebih pada tangan dan kaki bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Namun, terdapat beberapa cara efektif yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Adapun cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat, yaitu:

Pakai produk antiperspirant

Zat kimia ini biasanya memang sering ditemui pada deodoran. Fungsinya pun untuk mengatasi masalah keringat berlebih, baik ketiak Anda maupun keseluruhan badan. Nah, bagi Anda yang mengalami kondisi telapak tangan sering berkeringat, dianjurkan untuk mengaplikasikan antiperspirant ke telapak tangan.

Mulailah dengan produk yang bisa dibeli di toko terdekat. Namun, jika Anda sudah menggunakannya dan tidak ada efek apapun, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan antiperspirant yang ada di apotek.

Sebelum memakainya, ikuti dahulu bagaimana memakaikan produk ini ke telapak tangan Anda.

  • Pakai antiperspirant sebelum tidur
  • Pakaikan ke kulit yang kering
  • Disarankan untuk tidak memakai sarung tangan ataupun benda yang bisa menutupi tangan Anda. Hal itu bisa menyebabkan tangan Anda iritasi kulit.

Melakukan iontophoresis

Dalam perawatan iontophoresis, Anda akan meletakkan tangan dan kaki di dalam air sekitar 20-30 menit. Sementara itu, perangkat listrik akan mengalirkan arus listrik dengan tegangan rendah ke dalam air untuk menghalangi Anda berkeringat. 

Anda harus melakukan perawatan ini beberapa kali dalam seminggu untuk merasakan manfaatnya. Namun, perawatan ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan orang yang memiliki masalah jantung atau epilepsi.

Menggunakan baking soda

Cara lain mengatasi hiperhidrosis pada telapak tangan adalah menggunakan baking soda. Selain bagus untuk membersihkan dan memutihkan gigi, bubuk soda kue ini pun dipercaya bisa mengurangi keringat pada telapak tangan. Hal ini disebabkan kandungan alkali pada bahan kue ini ternyata mampu membuat keringat menguap dan hilang lebih cepat.
  1. Campurkan 1-2 sdt baking soda dengan air
  2. Aduk hingga membentuk pasta/krim
  3. Oleskan pada tangan Anda (sampai ke telapak tangan) selama 5 menit
  4. Bilas dengan bersih.

Melakukan suntik botox

Pilihan perawatan lain untuk mengatasi tangan dan kaki berkeringat, yaitu suntik botox (botulinum toxin A). Suntik botox telah disetujui untuk mengobati keringat berlebih pada ketiak, namun dokter juga menggunakannya pada telapak tangan dan telapak kaki. 

Botox bekerja dengan mencegah pelepasan bahan kimia yang dapat memberi sinyal pada kelenjar keringat untuk aktif. Hasil dari perawatan ini dapat bertahan hingga 1 tahun.

Mengoleskan sari cuka apel

Walaupun baunya tidak enak, cuka apel ternyata bisa menjadi salah satu cara mengatasi keringat berlebihan di telapak tangan. Kandungan cuka apel mampu menyeimbangkan kadar pH tubuh Anda dan membantu menjaga telapak tangan Anda kering. Dianjurkan untuk memakainya semalaman agar mendapatkan hasil yang terbaik.
  1. Bersihkan dahulu telapak tangan Anda dan gunakan kapas untuk mengoleskan cuka apel pada area tersebut.
  2. Biarkan semalaman dan mandi keesokan harinya untuk membersihkan cairan tersebut.
  3. Disarankan untuk memakai bedak atau deodoran setelah mandi.

Memanfaatkan daun sage

Tanaman sage biasanya sering digunakan sebagai pengharum pada produk sabun atau kosmetik. Akan tetapi, ternyata daun sage pun dipercaya bisa menjadi salah satu cara mengatasi telapak tangan yang sering berkeringat.

Anda bisa menambahkan daun ini ke teh atau makanan Anda. Zat yang terkandung di dalam daun sage mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan mencegah timbulnya keringat pada telapak tangan. 
  • Masukkan segenggam daun sage ke air
  • Rendam tangan Anda ke dalam air tersebut selama 20 menit
Selain merendamkan tangan ke dalam air daun sage, Anda juga bisa meminumnya. Akan tetapi, lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda karena sage termasuk tanaman herbal.

Melakukan pembedahan

Pembedahan hanya disarankan bagi orang yang menderita hiperhidrosis berat yang tak mampu ditangani oleh perawatan lain. Dalam prosedur ini, dokter dapat memotong, mengikis, atau menyedot kelenjar keringat agar keringat yang dihasilkan tidak berlebihan. 

Jika tangan dan kaki berkeringat yang Anda alami dirasa sudah mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter. Dokter akan memberi arahan yang tepat untuk mengatasi keluhan Anda tersebut.

Keyword
  • Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat
  • Mengatasi Tangan Berkeringat
  • Mengatasi Tangan Berkeringat saat main game
  • Cara Mengatasi Tangan Berkeringat saat main game
  • Penyebab Tangan Berkeringat
Indonesia
Mei 11, 2020 • 2 komentar
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. FYI Indonesia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
  1. Saya terpukau dengan temanya. Canggih canggih blogger zaman sekarang kalau soal tema blog. Salam.

    https://www.kawulanesia.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, tema blog skrg lebih mudah di edit

      Hapus