5 Suara Misterius Yang Terekam Dari Dasar Laut
Jika video tidak dapat diputar Klik disini untuk memuat ulang video

5 Suara Misterius Yang Terekam Dari Dasar Laut

fyi.my.id - Bumi terus-menerus mengeluarkan suara dengungan yang mengerikan, meski tidak dapat terdengar jelas oleh manusia. Sebelumnya, para ilmuwan merekam sinyal misterius tersebut dengan observasi berbasis darat, tapi kini mereka akhirnya berhasil menangkap sinyal misterius tersebut di bawah lautan.

5 Suara Misterius Yang Terekam Dari Dasar Laut

1. The Bloop

Ilustrasi Monster Cthulhu
Suara yang berhasil direkam oleh NOAA tahun 1997 ini diberi nama The Bloop karena memang terdengar seperti gelembung air yang pecah di kedalaman laut. Suara itu direkam oleh 2 hydrophone yang diletakkan di perairan paling selatan wilayah Amerika Selatan. Suara itu terdengar sejauh 4.800 km.

Beberapa ilmuwan mengatakan suara itu terlalu besar untuk jenis binatang laut. Bahkan ada yang mengatakan itu adalah suara dari monster laut yang disebut Cthulhu. Sementara, NOAA memprediksi itu adalah suara retakkan gunung es yang besar.

Suara ini menunjukkan pada hipotesis yang menarik, bahwa ada kehidupan yang lebih besar lagi sedang mengintai dalam kegelapan, yang tak terjelajahi di lautan dalam. Tidak terdengar lagi suara Bloops sejak 1997.

2. Suara di Palung Mariana

Lokasi Palung Mariana
Palung Mariana merupakan wilayah perairan yang paling dalam di dunia. Dengan kedalaman mencapai 11 kilometer, tekanan di dalam palung ini diketahui lebih dari 1.000 kali lipat tekanan permukaan laut.

Baru-baru ini, peneliti juga berhasil merekam suara yang ada di dalam palung tersebut. Hidrofon yang dikirim hingga kedalaman 1.000 meter di bawah permukaan laut menangkap suara aneh selama kurang lebih 3,5 detik. Suara tersebut sangat bising namun memiliki frekuensi yang rendah.

Suara yang kini dinamai Biotwang Pasifik Barat itu terekam sejak 2014 hingga 2015. Fenomena serupa juga pernah terjadi pada 2001 di perairan Great Barrier Reef di Queensland, Australia.

3. Suara Julia

Ilustrasi visual dari suara Julia
Suara yang disebut Julia terekam pada 1 Maret 1999 National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), di kedalaman laut pasifik. Suara misterius ini terdengar seperti sesuatu yang mendengking dan bergemuruh. Suara yang cukup keras ini berlangsung sekitar 15 detik.

Suara misterius ini dinamakan Julia, karena suara yang terdengar itu seperti menyebutkan nama JuliaI. lmuwan memperkirakan suara asalnya berada di antara Bransfield Straits dan Cape Adare. misterius. Hingga kini, tidak diketahui lokasi asal dan juga sesuatu yang mengeluarkan suara tersebut.

Yang pasti, suara tersebut berasal dari dalam lautan yang luas. Agar tak muncul pernyataan
yang aneh-aneh, maka National Oceanic and Atmospheric Administration atau yang
disingkat (NOAA) secara resmi menganggap suara tersebut adalah suara gunung es yang bergerak di dalam air, sehingga menimbulkan suara

4. Slow Down

Visual dari suara Slow Down
Slow Down adalah suara yang direkam pada tanggal 19 Mei 1997 di Samudra Pasifik Equatorial oleh Administrasi Oseanik dan Atmosfer AS. Sumber suara itu kemungkinan besar merupakan gunung es besar yang membumi.

Nama itu diberikan karena suaranya perlahan berkurang frekuensi sekitar 7 menit. Itu dicatat dengan menggunakan rangkaian hidrofon otonom. Sumber suaranya bisa disebabkan oleh gesekan antara lapisan es besar yang bergerak di atas tanah.

NOAA menduga apabila suara misterius ini berasal dari gunung es yang melayang dan memukul dasar laut, sehingga menghasilkan suara melengking lalu melambat. Suara ini bahkan bisa terdengar hingga 5.000 km jauhnya.

5. Upsweep

Vulcano bawah laut
Upsweep adalah suara tak dikenal yang terdeteksi pada susunan hidrofon otonom ekuator NOAA Amerika. Suara ini hadir saat Laboratorium Lingkungan Kelautan Pasifik mulai merekam sistem surveilans suara SOSUS pada bulan Agustus 1991.

Suara ini nampaknya musiman. Uumnya mencapai puncak pada musim semi dan musim gugur. Namun tidak jelas apakah ini disebabkan oleh perubahan sumber atau perubahan musiman di lingkungan perambatan.

Sejauh ini, belum ada ilmuwan yang mampu memprediksikan asal-usul suara misterius ini. Banyak pihak mengatakan bunyi suara ini mirip dengan bunyi sirene ambulan atau suara raungan makhluk misterius. Bunyi “Upsweep” terdengar dari laut yang di dalamnya dekat dengan aktivitas vulkanik.

Indonesia
Juli 27, 2020 • 0 komentar
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. FYI Indonesia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.