Beranda
FYI
Tips
Tips dan trik
Yang Harus Kita Lakukan Saat Orang Tua Membandingkan Kita Dengan Orang Lain
November 29, 2023

Yang Harus Kita Lakukan Saat Orang Tua Membandingkan Kita Dengan Orang Lain

Yang Harus Kita Lakukan Saat Orang Tua Membandingkan Kita Dengan Orang Lain
fyi.my.id - Membandingkan seseorang dengan orang lain rupanya sudah menjadi budaya di masyarakat. Prestasi, kekayaan, kemampuan, penampilan, fisik serta kepandaian merupakan hal yang menjadi akar sebagai kompetisi termasuk bagi anak-anak. Ketika orang tua melihat anak lain mempunyai sesuatu yang dibanggakan maka disitulah mulai muncul fikiran bahwa anakku juga harus menjadi sosok yang juga bisa dibanggakan seperti dia.

Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai anak ketika menghadapi hal tersebut.

Inilah yang Harus Kita Lakukan Saat Orang Tua Membandingkan Kita dengan Orang Lain

Cobalah pahami mereka

Sebagai anak, yang bisa kamu lakukan adalah berusaha memahami mereka. Sesekali, cobalah bicara dari hati ke hati dengan orang tuamu. Memang akan sulit awalnya, karena memaksa orang lain untuk berubah bukanlah hal mudah. Satu-satunya yang bisa diubah adalah diri kita sendiri. Berusahalah mengubah dirimu menjadi lebih baik dengan meningkatkan kesabaran terhadap sikap orang tua dan mencoba memahami dari sisi mereka. Atau, kamu juga bisa berusaha untuk belajar lebih tekun agar bisa membanggakan orang tuamu. Karena, mungkin saja itulah yang mereka mau dan ingin mereka lihat darimu.

Bersikap "Bodo amat"

Seringkali kita memedulikan suatu hal hingga terlalu menyerap tenaga dan pikiran. Akibatnya, kita akan merasa pusing atau sedih berkepanjangan. Padahal, kita tidak perlu memedulikan setiap hal yang ada di sekitar kita. Seperti yang sedang kamu rasakan, tanpa disadari kamu memedulikan banyak hal yang sebenarnya bisa kamu pilih untuk tidak diacuhkan.
Kamu bisa mencoba untuk tidak terlalu peduli dengan apa yang membuat dirimu merasa tidak nyaman. Ingatlah, kamu tidak harus berubah demi memenuhi standard orang lain. Terima apa yang ada pada dirimu saat ini. Cobalah untuk mengenali apa yang sebenarnya menjadi kelebihanmu.

Menyayangi diri sendiri sebagai jawaban

kamu perlu lebih menyayangi dirimu sendiri. Maafkanlah dan sayangi dirimu sendiri. Berhentilah melabel negatif dan menggunakan orang lain sebagai patokan kualitas dirimu. Ketika kamu semakin kuat menggunakan orang lain sebagai patokan, semakin besar peluangmu untuk kehilangan diri sendiri. Percayalah, masing-masing dari kita memiliki alur hidup  dan cara masing-masing untuk berkembang.

Terakhir,  jangan pernah lupa bahwa kamu masih muda. Masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Cobalah untuk membayangkan akan menjadi seperti apa dirimu di masa depan. Jika kamu bisa menyibukkan diri dengan hal-hal positif, percayalah, tanpa kamu sadari kamu akan berada di jalur dan titik sukses yang kamu harapkan.

Baca Juga Beberapa Artikel "FYI & Tips" Berikut:
Kode Artikel : OTMKDOL

Sumber : https://www.facebook.com/groups/ruanginformasiid/?post_id=2665915026997993